-->
  • APA SIMPLISIA NABATI DAN MANFAATNYA

    SIMPLISIA NABATI

    Simplisia

    Definisi Simplisia

    Simplisia adalah bahan alami atau hasil pertanian yang diawetkan dengan cara di keringkan tanpa di lakukan pengolahan terlebih dahulu di pergunakan sebagai obat. Simplisia sendiri biasanya hanya menghilangkan air pada bahan tersebut tanpa menghilangkan kandungannya. Simplisia juga biasa digunakan oleh petani untuk mengawetkan hasil pertaniannya agar tidak mudah busuk. Sederhananya simplisia ini digunakan petani untuk penanganan hasil pertanian.

    Manfaat dari simplisia

    Tentu banyak sekali manfaat dari simplisia itu berikut ini manfaat simplisia

    1. Bisa di gunakan sebagai obat atau cadangan obat tradisional
    2. Penanganan hasil pertanian agar bisa awet dan tidak mudah busuk
    3. Menjaga kandungan dari bahan aktif tersebut tetap terjaga bagi kesehatan
    4. Tetap bisa digunakan untuk berbagai olahan lebih lanjut

    Jenis-jenis Simplisia

     simplisia sendiri di bagi atas beberapa jenis yaitu simplisia nabati, hewani dan mineral. Berikut ini penjelasan dari masing-masing simplisia. 

    1. Simplisia nabati merupakan simplisia yang berasal dari  tanaman utuh, bagian tanaman atau eksudat tanaman ( isi sel yang secara spontan keluar dari tanaman atau dengan cara tertentu dikeluarkan dari selnya ataupun zat-zat nabati lainnya yang dengan cara tertentu dipisahkan dari tanamannya dan belum berupa zat kimia murni).
    2. Simplisia hewani merupakan simplisia yang dibuat dari hewan utuh, sebagian hewan atau zat-zat berguna yang dihasilkan oleh hewan dan belum berupa zat kimia murni.
    3. Simplisia pelikan atau mineral adalah simplisia yang berupa bahan pelikan atau mineral yang belum diolah dengan cara yang sederhana dan belum berupa zat kimia murni.

    Ternyata banyak sekali simplisia yang bisa di buat, karena banyak mungkin akan membahasnya dari bahan yang mudah ditemukan dan sering kita buat yaitu simplisia nabati. 

    Simplisia Nabati

    Simplisia nabati ini dibedakan atas beberapa bagian tanaman yang di ambil: 

    1. Simplisia rimpang atau empon-empon. Bagian yang dimanfaatkan adalah akar rimpang atau umbinya. Sebagai contoh adalah dari jenis rimpang-rimpangan seperti : jahe, kencur, lengkuas, kunyit, lempuyang, temulawak, temu putih dan lain-lain.
    2. Simplisia akar, bagian yang dimanfaatkan sebagai akarnya. Sebagai contoh akar alangalang, akar wangi, gandapura.
    3. Simplisia biji, bagian yang dimanfaatkan adalah bijinya. Sebagai contoh adalah biji kapulaga, jintan, mrica, kedawung, kecipir (botor), senggani dan lain-lain.
    4. Simplisia daun, bagian yang dimanfaatkan adalah daunnya. Sebagai contoh adalah daun kumis kucing, daun tabat barito, daun kemuning, daun keji beling, daun alpokat dan lain-lain.
    5. Simplisia batang, bagian yang dimanfaatkan adalah batangnya. Sebagai contoh adalah cendana, pule, pasak bumi dan lain-lain.

     


  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.