-->
  • Memilih Komoditas dan Varietas Mentukan Hasil Panen

    Memilih Komoditas dan Varietas Mentukan Hasil Panen

    Pemilihan Komoditas

    Penentuan Komoditas dan Varietas ini sangat menentukan keberhasilan dalam budidaya pertanian. komoditas ini biasanya akan berpengaruh terhadap harga jual, sudah menjadi langganan petani jika panen banyak sudah pasti harga jual menjadi murah. saya ambil contoh saja tanama timun, ketika banyak orang yang tanam timun sudah pasti harga timun bisa mencapai 500-700/kg di harga petani. harga murah ini menyebabkan harga panen lebih mahal dari pada harga jual. 
    Selain itu juga kebiasa petani yang "latah" atau ikut-ikutan membuat harga panen tidak stabil. kita ambil contoh yang sederhana saja misal harga timun mahal di Rp 5000 sudah pasti akan banyak petani yang tanam timun. kebiasaan ikut-ikutan ini membuat permintaan dan Suplay menjadi tidak seimbang. 
    Sehingga untuk menentukan komoditas yang di budidayakan ini sangat menentukan harga jual. sebagai petani milenial untuk menentukan komoditas ini biasanya melihat event-event yang akan datang di masyarakat, misalnya pada hari saya idul fitri biasanya harga-harga seperti cabai harganya kan meningkat. jadi untuk mentukan komoditas yang akan digunakan maka perlunya untuk riset atau kalau sudah yang terbiasa akan tahun sendiri kapan-kapan bulan-bulan harga akan meningkat. cuman disini saya dapat menyimpulkan dalam pemilihan komoditas harus di perhatikan:
    1. Banyaknya petani yang melaukan budidaya komoditas tersebut.
    2. Melihat event-event di masyarakat
    3. Kondisi Cuaca, cuaca sulit biasanya hanya sedikit petani yang bisa membudidaya komoditas, maka pilihlah komoditas yang sulit di budidayakan.

    Pemilihan Varietas

    Komoditas penting dalam budidaya ternyata dalam menentukan keberhasilan ada yang lebih penting lagi yaitu menentukan varietas. Pemilihan varietas ini sangat penting dalam proses budidayakan selain dari komoditas. pemilihan varietas ini mementukan ketahanan tanaman terhadap hama, penyakit dan cuaca yang ada di lapangan. contoh paing sederhananya jangan sampai budidaya varietas dataran tinggi di dataran tinggi. varietas ini tentunya akan tumbuh akan tetapi produksinya tidak akan maksimal.
    pemilihan varietas tahan penyakit juga menentukan misalanya daerah atau lahan yang akan di tanam endemik virus kuning tetapi kita memilih varietas kacang panjang tidak tahan virus kuning tentu ini akan berpengaruh terhadap produksi tanaman.
    pemilihan varietas ini sangat berpengaruh terhadap produksi tanaman karena pemilihan yang tepat dapat mencegah tanaman tahan penyakit dan virus serta produksi meningkat.

    Kenapa Harus menentukan Komoditas dan varietas

    Pemilihan Komoditas dan varietas sangat menentukan keberhasilan dalam berusaha tani. komoditas tadi akan berpengaruh terhadap harga jual, semakin dikit petani yang panen terhadap komoditas tersebut juga semakin tinggi harga jualnya. Sedikit bukan berarti komoditas tersebut asing di daerah tersebut misal tanam asparagus di daerah yang belum tau apa asparagus tentu tidak akan laku di jual juga. 
    Jika Komoditas ini berpengaruh terhadap harga jual, sedangkan varietas ini berpengaruh terhadap produktivitas hasil panen. Jika tanam varietas tidak tahan penyakit di tanam tentu tanaman tersebut akan terserang penyakit, kalau sudah terserang penyakit tanaman tentu tidak akan menghasilkan panen yang banyak atau bahkan tanaman tersebut juga bisa mati. 
    untuk menentukan komoditas dan varietas sebagai petani milenial harus bisa membaca peluang.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.