-->
  • Analisis SWOT Budidaya Tanaman Cabai

    Analisis SWOT Budidaya Tanaman Cabai Di Kabupaten Garut

    Analisis SWOT tanaman cabai

    Strategi Budidaya Cabai

    Sebuah usaha agribisnis perlu adanya suatu metode analisis sehingga bisa disusun sebuah strategi pengembangannya. Menyambung dari penjelasan mengenai pemasaran Cabai Rawit di daerah Garut. Jika seandainya pemasaran yang dilakukan menggunakan sistem pemasaran yang sesuai dengan era industri 4.0 yaitu sistem pertanian digital maka terlebih dahulu kita harus menganalisis untuk pembentukan strategi pengembangan yang merupakan persiapan dengan segala pengaruh yang akan datang di era ini. SWOT adalah salah satu metode yang digunakan untuk menentukan strategi yang akan digunakan untuk usaha. Analisis yang kita gunakan dalam hal ini adalah analisis SWOT berikut hasil analisis pemasaran Cabai Merah dengan sistem pertanian digital di era industri 4.0. 

     Analisis SWOT 

    1. Unsur Kekuatan (S) 

    Jika sistem pemasaran cabai rawit di kab Garut dengan sistem pemasaran digital makan unsur kekuatan yang dimiliki diantaranya: 
    1. Lokasi penjualan tidak memerlukan tempat yang banyak, namun sudah banyak konsumen yang mengetahui. 
    2. Tidak perlu di kemas sebelum ada yang membeli barang sehingga cabai akan tetap segar. 
    3. Gaya hidup konsumen saat ini lebih cendrung ke arah digital atau moden. 
    4. Pemasaran cabai digital di nilai lebih mudah untuk memahami kemauan dan kebutuhan pelanggan.

     2. Unsur Kelemahan (W) 

    Jika sistem pemasaran cabai rawit di kab Garut dengan sistem pemasaran digital makan unsur kelemahan yang dimiliki diantaranya: 
    1. Produk yang dijual terkadang tidak sesuai dengan harapan konsumen 
    2. tidak semua daerah terpencil ada akses internet. 
    3. Perlunya ada perawatan khusus agar bisa tahan lama. 
    4. Harusnya update harga setiap hari. 

    3. Unsur Peluang (O) 

    Jika sistem pemasaran cabai rawit di kab Garut dengan sistem pemasaran digital makan unsur kelemahan yang dimiliki diantaranya: 
    1. Cabai yang di jual dapat di lihat oleh semua pangsa pasar. 
    2. Biaya iklan atau promosi lebih murah dan lebih banyak. 
    3. Memotong saluran rantai distribusi pasar cabai. 
    4. Peningkatan pasar lebih meningkat 

    4. Unsur Ancaman (T) 

    Jika sistem pemasaran cabai rawit di kab Garut dengan sistem pemasaran digital makan unsur kelemahan yang dimiliki diantaranya: 
    1. lebih banyaknya pesaing dalam penjualan. 
    2. Pembatalan transaksi jual beli secara sepihak 
    3. Konsumen sensitif terhadap perubahan harga 
    4. Banyak mindset yang tetap menganggap belanja online sangat beresiko. 

    Strategi Pengembangan Budidaya Tanaman cabai

    Melihat beberapa unsur SWOT yang telah diuraikan di atas maka dapat dibuat rancangan strategi pengembangan untuk memaksimalkan pemasaran produk cabai yaitu: 
    1. Strategi S-O Dengan adanya pangsa pasar penjualan cabai online, penjualan cabai menjadi lebih meningkat akibat barang belanjaan dari konsumen sesuai dengan keinginan selain itu juga dengan toko online penjual tidak lagi perlu tempat untuk berjualan. Dengan begitu penerapan ekonomi digital di penjualan cabai sangat berpengaruh untuk memotong rantai pasar yang panjang di petani. 
    2. Strategi W-O Walau tidak semua daerah memiliki koneksi internet yang baik setidaknya dengan memasang iklan di internet atau di ekonomi digital akan mengundang tengkulak atau bandar besar yang ada di kota walau masih melalui badar akan tetapi petani tidak terlalu rugi atau harga cabai tidak terlalu tingga karena hanya melewati satu saluran pasar. 
    3. Strategi S-T Banyaknya pemilihan barang yang sesuai dengan kemauan dari konsumen, hal ini dapat menyebabkan besarnya permintaan dan penawaran yang menyebabkan jatuhnya harga cabai dipasaran dan tersedianya ekonomi digital yang mendukung usahatani yang mampu berpartisipasi dan siap berperan dalam perdagangan bebas dapat mengatasi berbagai ancaman yang akan dihadapi. 
    4. Strategi W-T Dengan adanya ke sensitif konsumen terhadap perubahan harga barang yang menyebabkan konsumen enggan untuk belanja online. Namun dengan adanya update harga tiap hari akan menyebabkan si konsumen menunggu harga murah atau ada diskon menjadi daya tarik untuk belanja online.
    Dari beberapa strategi pengembangan ini strategi yang mungkin bisa digunakan adalah strategi S-O dimana ada peluang yang kemudian di tambah lagi dengan kekuatan produk cabai yang di miliki.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.