-->
  • Cara Berbudidaya Akuaponik dengan Mudah


    Akuaponik siapa yang baru kenal dengan akuaponik, ya akuaponik merupakan teknik penanaman tanaman secara modern yang biasa di terapkan di perkotaan atau sering di sebut sih, pertanian perkotaan. Akuaponik merupakan sebuah alternatif menanam tanaman dan memelihara ikan dalam satu wadah. Secara sederhananya penanaman tanaman yang digabungkan dengan ikan. proses ini dimana tanaman memanfaatkan unsur hara yang berasal dari kotoran ikan, kotoran ikan ini menjadi masalah dalam kolam apabila dibiarkan begitu saja dan bahkan bisa menjadi racun bagi ikan tersebut.

    Kotoran ikan tersebut bisa menjadi masalah sehingga perlu di bersihkan airnya, salah satu cara membersihan kotoran ikan tersebut adalah dengan mananam tanaman. Tanaman tersebut akan berfungsi sebagai filter vegetasi yang akan mengrui zat-zat racun yang ada dalam air dan berbahaya bagi ikan tersebut. Selain itu tanaman ini juga berfungsi sebagai suplay oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan.

    Jenis ikan yang digunakan untuk akuaponik biasanya jenis ikan yang tahan terhadapat iklim lokal dan yang tersedia di pasaran, biasanya jenis ikan lele dan nila. Sedangkan tumbuhan yang bisa di gunakan biasa semua jenis sayur bisa digunakan dan beberapa varietas sayur buah yang bisa di tanaman dengan baik adalah terung, tomat, cabai melon dan lain-lain.

    Nah apa sih maanfaat dari akuaponik itu:

    1. Kotran ikan dapat dimanfaatkan sebagai pupuk organik yang baik bagi pertumbuhan tanaman.
    2. Produk yang dihasilkan merupakan produk organik karena hanya menggunakan pupuk dari kotoran ikan yang telah di melalui proses biologis.
    3. Mengahasilkan dua produk sekali gus yaitu produk ikan dan sayur dalam satu kali proses.
    4. Dapat menghasilkan sayur segar dan ikan sebagai bahan pangan dan sumber protein pada daerah yang kering dan tidak tersedia lahan.
    5. Bersifat berkelenjutan dengan perpaduan antara tanaman dengan ikan dan siklus nutrien atau unsur hara.

    Pasa saat ini mungkin untuk daerah perkotaan mungkin teknik budidaya seperti akuaponik ini sangat cocok di terapkan. Memang dalam pengaplikasiannya teknik budidaya ini agak rumat dan cukup sulit akan tetapi dapat membatu pendapatan dan kebutuhan bahan pangan.

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.