-->
  • Pembuatan Simplisia Kencur

     Pembuatan Simplisia Kencur

    Pembuatan simplisia kencur

    Defisini Simplisia Kencur

    Tanaman kencur merupakan tanaman tropis yang banyak tumbuh sebagai tanaman budidaya di berbagai daerah di Indonesia. Tanaman ini banyak digunakan sebagai ramuan obat tradisional dan bumbu masakan, sehingga banyak petani yang menanam tanaman kenkur sebagai hasil pertanian yang dijual dalam jumlah banyak. Bagian tanaman kencur yang diperjual belikan adalah akar yang yang membentuk sehingga membesar atau yang sering disebut rimpang-rimpangan.
    Seiring berjalannya waktu, permintaan kencur sebagai bahan obat tradisional dan jamu semakin meningkat. Selain itu, berkat teknologi yang terus berkembang, obat herbal laris manis di pasaran. Pengolahan rimpang kencur yang tepat sangat diperlukan untuk memenuhi permintaan pasar ini. Teknologi pengolahan hasil pertanian merupakan salah satu kegiatan produksi pasca panen yang bertujuan untuk menjaga mutu produk agar tetap sampai di tangan konsumen dengan baik. Selain untuk menjaga kualitas, perawatan ini juga dapat digunakan untuk memperpanjang umur simpan produk. Salah satu treatment adalah penyederhanaan dengan melakukan pengeringan produk atau yang sering di sebut simplisia. Simplisia merupakan bahan alami yang digunakan dalam pengobatan tradisional dan tidak mengalami modifikasi proses apapun selain proses pengeringan.

    Tujuan Pembuatan Simplisia

    Tujuan dari Pembuatan Simplisia yang paling utama adalah untuk mengawetkan kencur agar tidak mudah rusah atau busuk. Dalam pembuatan simplisia juga membuat kencur bisa bertahan lama karena kadar air dalam kencur menjadi sedikit. selain membuat kencur menjadi tahan pembuatan simplisia ini juga tidak membuat kencur kehilangan kandungan dari kencur itu sendiri.
    Baca Juga: SIMPLISIA NABATI

    Pembuatan Simplisia kencur

    Alat dan Bahan

    1. Alat :

    • Timbangan

    • Pisau anti karat

    • Talenan

    • Sikat

    • Wadah / baskom

    • Oven 

    • Ray / Tampah

    • Pengukur kadar air

    1. Bahan :

    • Kencur 1,25 kg

    Langkah Pembuatan

    1. Siapkan rimpang kencur yang akan dijadikan simplisia. Pilihlah rimpang kencur yang memiliki ukuran  besar dan tua, tidak busuk. Segar, dan tidak cacat/rusak
    2. Timbang rimpang kencur sampai mencapai berat 1,25 kg
    3. Cuci rimpang kencur menggunakan air, bersihkan rimpang dari kotoran yang masih menempel. Buang juga bagian-bagian yang tidak dibutuhkan (sisa batang, daun, dan akar) 

    4. Potong rimpang kencur secara membujur dengan ketebalan 2-4 mm.

    5. Rimpang dapat dikeringkan dengan cara dioven ataupun dijemur dibawah sinar matahari. Pengeringan dilakukan sampai rimpang memiliki kadar air sekitar 10%. Jika pengeringan menggunakan oven,  Atur panas oven hingga 40°C-60°C.

    6. Dari 1,25 kg kencur ini nanti akan di dapat sekitar 200 gram kencur kering yang bisa langsung di manfaatkan untuk obat atau jamu.

    Baca Juga: SIMPLISIA NABATI

    Kesimpulan

    Kencur merupakan tanaman rimpang yang sering digunakan untuk keperluan obat herbal/jamu. Semakin pesatnya perkembangan teknologi pengolahan pada obat herbal juga berdampak pada naiknya permintaan pasar terhadap kencur. Diperlukan teknologi penangan hasil pertanian yang tepat sehingga kualitas kencur dapat terjaga baik untuk disimpan dalam waktu yang lama, maupun untuk keperluan pendistribusian.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.