-->
  • Budidaya Tomat Sebagai Benih

    Budidaya Tomat Benih

    Pengolahan Lahan

         Sebelum dilakukan pengolahan tanah lahan yang akan diolah harus dibersihkan dari gulma. Lahan yang terbebas dari gulma akan memudahkan pada saat pengolahan lahan. pengemburan tanah dilakukan dengan menggunakan traktor jenis kultivator. Setelah di kultivator pertama lahan di berikan pupuk kandang dan kapur(dolomit), dosis pupuk kandang 40 kg dan kapur sebanyak 20 kg. Dilakukan kultivator kedua untuk mencampurkan kapur dan pupuk kandang. Pembuatan bedengan di lakukan dengan ukuran lebar 1 meter, panjang 5 meter dan lebar parit atar bedengan 40 cm. Bedengan ditutup dengan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP) untuk menekan pertumbuhan gulma dan menjaga kelembapan tanah. Mulsa dilubangi dengan ukuran 60 cm x 50 cm sebagai lubang tanam.

    Persemaian

        Persemaian di lakukan pada dua tempat yaitu di tray dan polybag kecil total jumlah persemai sebanyak 3310 benih. Dari 3310 benih sebanyak 360 benih mati sehingga persentasi pertumbuhannya 83,08 %. Untuk media persemaian berupa pupuk kandang, cocopit, dan tanah. Perbandingan ketiga media tanam adalah 2:2:1, dua untuk perbandingan pupuk kandang dan cocopit sedangkan satu untuk tanah.

    Penanaman

         Penanaman tomat dilakukan setelah bibit tomat berumur 1 bulan setelah semai. Pada prktikum ini pananaman di lakukan 21 hari setalah semai. Jarak tanam tomat 60 x 50 cm. Satu lubang tanam di tanam 1 bibit tomat. Varietas yang ditanam yaitu varietas Taro.

    Pemeliharaan

        Pemeliharaan merupakan salah satu bagian terpenting dalam hal budidaya. karena Pemeliharaan dalam budidaya tomat ini meliputi penyulaman, pengajiran, penyiraman, penyiangan, pemupukan, pewiwilan dan pengendalihan hama dan penyakit.
        Penyulaman adalah kegiatan mengganti tanaman yang mati dengan di tanam tanman yang masih hidup. Penyulaman dilakukan satu minggu setalah tanam sampai vase generatif baru tanaman tidak lagi dilakukan penyulaman. Pada praktikum ini penyulaman pertama sebanyak 213 tanaman, penyulaman kedua 69 tanaman, penyulaman ketiga 26 tanaman dan penyulaman keempat 66 tanaman. Penyebab banyaknya penyulaman ini dilakukan karena tanaman mati akibat salah tanam, tidak adaknya hujan sehingga kekeringan, dan terserang hama.
         Pengajiran adalah menacapan batang bambu atau kayu yang lurus di setiap samping tamanan sebagai penopang berdirinya tanaman. Pengajiran dilakukan  2 minggu setalah tanam, setalah di ajir ikat batang tomat dengan ajir agar tanaman tomat tidak roboh. Tinggi ajir tanaman tomat yaitu 1,2 meter, untuk ajir sendiri bisa ajir bambu atau pun kayu yang lurus.
         Penyiraman adalah pemberian air pada tanaman yang bertujuan untuk memberikan suplai air pada tanaman. Penyiraman ini dilakukan apabila tidak ada hujan dan penyiraman bisanya pada pagi dan sore hari.
         Penyiangan adalah pengendalian gulma secara mekanis dengan menggunkan alat berupa cangku, cored atau di cabut langsung gulmanya. Pengendalian gulma ini bertujuan untuk agar tanaman utama tidak berebutan unsur hara dengan gulam, selain itu dengan tidak adanya gulma juga mencegah agar tidak hama dan penyakit yang bersarang pada gulma. Biasanya gulma pada sekitar lahan tersebut bisa menjadi inang hama dan penyakit tanaman tomat sehingga perlu di bersihkan.
         Pemupukan adalah pemberian nutrisi pada tanaman atau menjaga kesuburan tanah untuk menjaga keberlangsungan tanah. Pada budidaya ini pemberian pupuk dilakukan dengan cara di kocor satu minggu sekali. Pemupukan di kocor adalah pemerikan pupuk dengan cara campurkan dengan air kemudian di aduk sampai pupuk tersebut hacur atau tercampur rata. Konsentrasi pupuk NPK yang diberikan 10g/l atau 250 ml.
        Pewiwilan adalah pemangkasan cabang sekunder agar tanaman konsentrasi pada pertumbuhannya. Pewiwilan dilakukan 4 minggu setalah tanam dan dilakuakn 3 kali sehari. Tujuan agar pertumbuhan dapat berjalan dengan baik. Pewiwilan dilakukan pada saat tanaman belum berbunga.     
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.