-->
  • Pengendalian hama Secara Ekologi

    Pengendalian hama Secara Ekologi


    Definisi Pengelolaan Ekosistem Untuk Pengendailan Hama

    Pengendalian hama berbasis ekologi tidak hanya terbatas sebagai teknologi, tetapi berkembang menjadi suatu konsep mengenai proses penyelesaian masalah ekologi. Pemikiran pengendalian hama berbasis ekologi didorong oleh pengembangan dan penerapan pengendalian hama berdasarkan pengertian ekologi lokal (in situ) hama dan pemberdayaan petani. Pengendalian hama berbasis ekologi disesuaikan dengan masalah yang ada di setiap lokasi dan lebih menekankan pada pengelolaan proses dan mekanisme ekologi lokal daripada intervensi teknologi. 
    Pengendalian hama berbasis ekologi dengan sistem tumpang sari  didasarkan pada ekologi lokal hama dan pemberdayaan petani dalam mengelola agroekosistem. Tujuannya adalah agar dalam agroekosistem terjadi keselarasan antara tanah, hara, sinar matahari, kelembapan udara, dan organisme yang ada sehingga menghasilkan pertanaman yang sehat dan hasil yang berkelanjutan.

    Keuntungan Pengendalian dengan Ekologi Tumpang sari 

    Keuntungan lain dari sistem tanam tumpang sari adalah efisiensi dalam pengolahan tanah, pemupukan, dan tenaga kerja, perbaikan iklim mikro, keseimbangan air dan daur ulang hara internal, serta meningkatkan pendapatan petani (Suwandi et al. 2003). Bagi petani kecil di negara berkembang, atribut penting sistem tanam tumpang sari yang paling menarik adalah kemampuannya dalam mengurangi risiko karena kegagalan satu jenis tanaman akan dikompensasi oleh keberhasilan panen tanaman yang lain (Adiyoga et al. 2004). Sistem tanam tumpang sari sudah banyak diterapkan petani dan memiliki berbagai karakteristik yang sejalan dengan upaya mewujudkan keseimbangan antara kelestarian lingkungan dan pendapatan petani. 

    Pengendalian dengan Ekologi Pengiliran tanaman 

    Pergiliran/rotasi tanaman bertujuan untuk memutus daur hidup OPT sehingga populasinya ditekan dengan cara mencegah tersedianya makanan serta tempat hidup dan berkembang biak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rotasi tanaman dengan  tanaman yang sama pada dua musim berurutan pada tanaman cabai masih dapat dilakukan dengan memerhatikan kebersihan atau sanitasi lingkungan pada setiap musim tanam. 

    Pengendalian dengan Ekologi Pengiliran tanaman 

    Penggunaan mulsa dapat memengaruhi kelimpahan OPT. Penggunaan mulsa jerami dapat meningkatkan serangan T. parvispinus sebesar 32.68% dan P. latus sebesar 48.59% dibandingkan dengan mulsa plastik hitam perak (Setiawati et al. 2013b). Mulsa plastik hitam perak dapat menurunkan populasi trips karena mempengaruhi refleksi cahaya dan suhu. Menurut Fahrurrozi dan Stewart (1994), cahaya matahari yang dapat dipantulkan warna perak sebesar 33%. Penggunaan mulsa plastik hitam perak dapat mengurangi suhu di sekitar tanaman cabai sebesar 0,890C karena penguapan air tanah dihambat oleh lembaran plastik dan kembali lagi ke rizosfer. Penggunaan mulsa plastik juga dapat mengurangi persentase pembentukan pupa di dalam tanah serta mencegah perkolasi dan gerakan air tanah sehingga meningkatkan efisiensi penggunaan air irigasi. 

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.