-->
  • Cara Membuat Sinopsi Penyuluhan Pertanian

     Cara Membuat Sinopsi Penyuluhan Pertanian

    Definisi Sinopsis

    Sinopsis berasal dari kata synopical yang memiliki arti ringkas. sehingga sinopsis sendiri dapat di artikan sebagai ringkasan suatu materi tulisan panjang  yang ditulis dalam bentuk narasi. Sinopsis penyuluhan pertanian berupa rangkuman materi yang akan di bawakan pada saat penyuluhan di laksanakan. Bisa sinopsis penyuluhan ini di buat sebelum penyuluhan dilaksanakan, sinopsis penyuluhan ini biasa dibuat bersamaan dengan lembar persiapan menyuluh (LPM) dan media penyuluhan. Pembuatan sinopsis ini bisa dari refresi-refresi yang ada, baik itu dari jurnal atau artikel yang dirangkum kemudian akan di sampaikan ke patani melalui penyuluh dengan bahasa penyuluh itu sendiri.
    Panjang sinopsis sendiri biasa tidak lebih dari dua lembar, isi dari sinopsis itu sendiri terdiri dari judul, latar belakang, tujuan, isi, kesimpulan dan sumber refrensi. penulisan sinopsi sendiri sebaiknya tidak di perbolehkan dalam bentuk poin-poin akan tetapi harus berbentuk narasi. 

    Tujuan Penyusunan sinopsis

    Tujuan membuat Sinopsis adalah untuk menjaga agar materi penyuluhan singkat, padat, dan mudah dipahami, untuk menghindari materi yang kurang relevan dengan topik yang ada di permasalahan petani. Sinopsis sendiri terdiri dari dua versi yaitu sinopsis ditulis untuk meringkas karya yang sudah ada atau sinopsis yang ditulis lengkap. 
    Tujuan lain dari pembuatan sinopsis ini adalah agar penyuluh dalam menyampaikan materi penyuluhan tidak melebar ke materi yang menurut petani dianggap kurang penting. penyusunan sinopsis juga sebagai patokan penyuluh jikalau materi yang di sampaikan penyuluh itu tidak asal-asalan akan tetapi ada dasar yang bisa di pertanggung jawabkan.

    Cara Membuat Sinopsis Penyuluhan

    Dalam pembuatan sinopsis adalah beberapa hal yang harus di perhatikan seperti panjang sinopsis, jangan sampai sinopsis ini lebih dari 2 lebar. jika sudah lebih dari dua lembar bukan disebut lagi sebagai sinopsis karena tulisannya yang sudah panjang. langkah-langkah dalam pembuatan sinopsis adalah
    • mencari permasalahan yang ada di petani apa yang menjadi kendala petani
    • setalah mendapat kendala dari petani kemudian mencari permecahan masalah tersebut dari jurnal atau artikel yang dapat di pertanggung jawabkan.
    • jangan hanya berpacu kepada satu materi atau referensi karena perkembangan jaman sehingga harus digabungkan dengan beberapa tulisan yang ada.
    • setalah mendapatkan referensi baru tulis dengan menggunakan kata-kata yang mudah di mengerti dan mudah di pahami.
    • tulisan yang dituangkan harus berbentuk narasi bukan poin-poin
    • terakhir jangan lupa di tulis dari mana referensi di dapat atau sumber tulisan tersebut.
    Penulisan sinopsis ini penting bagi penyuluh karena sebagai lembar pertanggung jawaban dalam menyampaikan penyuluhan. bagi penyuluh-penyuluh indonesia sebaiknya sebelum melakukan penyuluha sebaiknya sinopsis ini di persiapakan dengan matang agar materi yang teman-teman penyuluh sampaikan bisa di serap dengan baik oleh petani. Baca Juga: Contoh Sinopsis Penyuluhan
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.