-->
  • CARA MEMBUAT MINYAK GORENG DARI KELAPA

    sumber gambar: http://cybex.pertanian.go.id/
    Indonesia merupakan penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, udah ngak asing lagi dong dengan kata-kata tersebut. Memang benar indonesia merupakan negara penghasil kelapa sawit terbesar di dunia, hasil turunan dari kelapa sawit adalah minyak goreng atau minyak kelapa sawit lah. Namun pada tahun 2022 ini indonesia mengalami kelangkaan minyak goreng. 
    penyebabnya kenapa sih? yang ada beberapa faktor menyebabkan minyak goreng langka ada yang bilang "itu mah pemerintah yang memainkan harga" ada yang bilang juga' itu permaian perusahaan besar untuk tidak menjual minyak gorang'. Entah lah mana yang benar yang pasti itu semua nanti pasti akan terungkap dengan sendirinya siapa pelakunya dan apa motif dari pelaku.
    Tapi kan ngak mungkin kita harus menunggu sampai minyak goreng stok banyak baru kita bisa masak. Nah kali ini saya akan memberikan tips membuat minyak goreng dari kelapa, selaian mudah membuatnya juga minyak kelapa lebih sehat.
    cara membuat minyak kelapa
    1. pilih kelapa yang sudah tua sehingga banyak menghasilkan santan, jangan kelapa yang masih muda.
    2. kupas kepala dan ambil hanya daging kelapanya saja.
    3. setelah di kupas kemudian parut kelapa selain di parut juga bisa di blender pokoknya di haluskan untuk mencari sari kelapanya atau santannya
    4. kemudian peras kelapanya sampai dapat santan kelapanya
    5. simpan santan kelapa itu hingga 5-7 jam sehingga terpisah antara air dan sari kelapanya, kemudian pisahkan untuk sari kelapanya bisanya bagian atas dan air bagian bawah.
    6. setalah itu masak sari kepala sampai berwarna bening atau menjadi minyak kelapa.
    7. kemudian saring atau pisahkan minyak kelapa dengan ampasnya.
    nah jadilah minyak kelapa mudah kan cara membuatnya hemat dan bermanfaat.
    iya minyak kelapa dengan VCO ini beda yang untuk VCO ini pembuatanya tanpa di panasakan akan tetapi dengan pendiangan dengan suhu tertentu.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.