-->
  • SEKOLAH KEDINASAN PERTANIAN

    SEKOLAH KEDINASAN PERTANIAN

    Sekolah kedinasan merupakan Perguruan tinggi dibawah naungan Kementerian atau lembaga yang ada Indonesia akan tetapi bukan di bawah langsung kemendikbudristekdikti melainkan bawah kementerian atau lembaga lainnya. Dengan harapan lulusanya bisa bekerja di bidang kementerian yang menaungi satuan pendidikan tersebut. Contohnya seperti Institu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) dibawah Kementerian Dalam Negeri, Politeknik STAN di bawah Kementerian Keuangan, Politeknik Statistika-STIS di bawah Lembaga Statitikan Nasional dan masih banyak lagi. Sekolah kedinasan tidak semuanya ikatan dinas akan tetapi ada juga yang lulusnya dibebaskan untuk bekerja di pihak swasta yang masih memiliki jurusan yang linier. Akan tetapi kebanyakan Sekolah kedinasan itu lulusannya langsung bekerja di pemerintahan atau lembaga yang manuangi dan langsung di angkat menjadi CPNS, itulah kenapa sekolah kedinasan ini banyak di mininati. Selain lulusannya yang langsung bisa jadi pegawai negeri sipil juga biaya kulianya yang gratis.
    Namun ada loh sekolah kedinasan dimana kuliahnya gratis dan lulusnya disiapkan untuk bekerja di tempat lain atau menjadi wirausaha. Sekolah Kedinasan tersebut adalah sekolah kedinasan milik kemeterian Pertanian. 
    Kalian Ngak salah denger kok tentang sekolah kedinasan milik kemeterian pertanian namanya Politeknik Pembangunan Pertanian dan Politeknik Enjenering Pertanian Indonesia. Sekolah kedinasan pertanian ini merupakan perguruan tinggi miliki kementerian pertanian yang sudah lama berdiri  dimana dulu sekolah untuk mendidikan tenaga ahli penyuluhan kementerian pertanian . Untuk Saat ini Sekolah Kedinasan pertanian ini sudah di buka untuk umum dimana anak lulusan SMA/SMK bisa mendaftar di sekolah kedinasan pertanian ini. Sekolah kedinasan milik kementerian pertanian ini berbeda dengan sekolah kedinasan lainnya seperti IPDN atau STAN  kerena lulusan dari Sekolah kedinasan pertanian ini tidak langsung bisa di angkat jadi PNS akan tetapi lulusannya di bebaskan untuk bekerja ditempat lain seperti perusahan swasta atau memilih untuk menjadi wisausaha di bidang pertanian. 
    Terus bagaimana dengan biaya kuliahnya? ini dia kelebihan sekolah kedinasan milik kementerian pertanian, dimana biaya kuliah di perguruan tinggi ini gratis full sampai lulus. Bukan hanya biaya kuliah yang gratis, mahasiswanya pun diberikan tempat tinggal gratis, makan gratis dan bahkan biaya seperti magang atau praktik kerja lapangan pun gratis di tanggung oleh kampus. kelebihannya tidak cukup sampai dengan biaya kuliah yang gratis, makan dan tempat tinggal gratis. Bahkan kita bisa mengikuti program dari kementerian pertanian untuk pendampingan petani atau bahkan ada yang pendampingan petani wilayah perbatasan.
    Terus gimana kalau sudah lulusan dari sekolah kedinasan pertanian? lulusannya sudah banyak yang bekerja di perusahan swasta dan ada juga yang berwirausaha. Untuk alumni yang berminat untuk berwirausaha di bidang pertanian ini bahkan diberikan dana hibah sebagai modal untuk usahanya tersebut dan terus dimonitoring usahanya tersebut sampai sukses.
    Nah Penasaran kan Sekolah kedinasan pertanian itu ada dimana saja?
    Bisa lihat di ling berikut 6 sekolah kedinasan miliki kementerian pertanian

  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.