-->
  • Dampak Kafein pada Minuman Kopi


    Dampak Kafein pada Minuman Kopi

    Produksi Kopi Di indonesia

    Indonesia merupakan negara penghasil kopi (Coffea sp) terbesar di dunia setelah Brazil dan Vietnam, Sekitar 78% kopi dunia dipasok dari Indonesia.  Total produksi Kopi di Indonesia berdasarkan data ditjen perkebunan tahun 2015, sekitar 59,2% diekspor  dan sisanya 40,8% untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri. Banyaknya produksi kopi di indonesia juga mengakibatkan tumbuhnya kedai-kedai kopi, hal ini menjadikan bahwa masyarakat indonesia mulai sadar dengan potensi pertanian yang ada. Selain penyebabnya produksi kopi yang banyak di indonesia penyebab tumbuhnya kedai-kedai kopi adalah kecintaan masyarakat indonesia minum kopi.
    Minuman kopi adalah minuman favorit masyarakat Indonesia dari kalangan dewasa dan sekarang kalangan remaja sudah banyak yang mengkonsumsi kopi akibatnya menimbukan trend baru di kalangan masyarakat . Tradisi minum kopi pada pagi hari untuk masyarakat indonesia sangatlah familiar,namun saat ini minum kopi tidak hanya di konsumsi pada pagi hari melainkan juga pada saat istirahat siang, bersantai sore maupun untuk menemani  dalam menjalankan aktivitas di kehidupan masyarakat seperti mengerjakan tugas, pertemuan bisnis, reuni, kencan ataupun menjadi kebutuhan tersendiri dalam masyarakat. Kali harus tau juga minuman kopi ini mengandung yang namanya kafein, nah kafein ini dalam konsumsinya memiliki batasan-batasan tidak boleh berlebihan.
    Contoh Kopi Indonesia

    Batasan Mengkonsumsi Kafein

    Kandungan kafein pada kopi Berdasarkan FDA (Food Drug Administration) yang dosis kafein yang diizinkan 120 mg/hari atau 1,73 mg/kg Berat badan untuk orang dewasa sedangkan untuk anak-anak di bawah 14-22 mg, sedangkan menurut SNI 01-7152-2006 batas maksimum kafein dalam makanan dan minuman adalah 150 mg/hari dan 50 mg/sajian. Berapa sih kandungan kafein pada secangkir kopi, ternyata berdasarkan berita food.detik.com untuk kopi espresso dengan ukuran 44 ml mengandung kafein 150 mg, sedangkan untuk kopi hitam biasa dalam ukuran 473 ml mengandung 210-360 kafein. Dari hasil data tersebut ternyata kopi yang kita minum selama ini sudah melebihi ambang batas kafein yang kita minum. lalu apa sih dampak dari berlebihan atau yang belum terbiasa mengkonsumsi kopi berlebihan.

    Dampak Kefein Berlebihan

    Efek yang terdapat pada kandungan kafein yang ada pada kopi jika dikonsumsi berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh kita sehingga menimbulkan kecemasan, insomnia, masalah pencernaaan dan efek yang paling utama yaitu  terdapat pada otak yang dapat menghambat akan menghambat fungsi adenosin. Menurut burnham (2001) dalam Arwangga, et al, 2016  menyatakan dalam tubuh mempunyai hormon metabolisme asam urat, dengan komsumsi kafein yang berlebih tubuh akan memicu terbentuknya asam urat tinggi.
  • You might also like

    No comments:

    Post a Comment

Pengikut

Powered by Blogger.